PROFILE LEMBAGA PENJAMINAN MUTU (LPM)
STIKES AN NUR PURWODADI

Penjaminan mutu pendidikan tinggi merupakan program yang penting dan wajib dilaksanakan oleh semua institusi penyelenggara pendidikan tinggi berdasarkan Undang-undang No.20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pelaksanaan dan implementasi Sistem Penjaminan Mutu (SPM) merupakan aspek yang menentukan dalam peningkatan daya saing perguruan tinggi.
Paradigma baru Pengelolaan Pendidikan Tinggi, yang dikenal dengan nama Tetrahedron Pendidikan Tinggi, menempatkan akuntabilitas, evaluasi, akreditasi, dan otonomi pada tiap sudut tetrahedron sebagai prinsip dasar dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, sedangkan kualitas ditempatkan pada pusatnya. Ini bermakna bahwa mutu adalah pusat dari penerapan keempat prinsip pengelolaan pendidikan tinggi dalam tetrahedron tersebut (KPPT-JP/HELTS 2003-2010).

Kewenangan otonom pada Pendidikan Tinggi menuntut prasyarat penerapan Good University Governance (GUG) terlebih dahulu, terutama dalam aspek akuntabilitas dan transparansi. Perbaikan dan penjaminan mutu dapat menjadi titik awal untuk mewujudkan akuntabilitas dan transparansi dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Oleh sebab itu, untuk mewujudkan GUG di STIKES An Nur Purwodadi, penerapan SPM merupakan suatu keharusan.
SPM STIKES An Nur Purwodadi mencakup dua aspek utama yaitu Akademik dan Manajemen, Penjaminan Mutu Akademik merupakan fokus utama dalam SPM-STIKES An Nur Purwodadi. Sementara itu, SPM dalam aspek manajemen merupakan faktor pendukung penting dalam mewujudkan GUG di STIKES An Nur Purwodadi.Penerapan SPM pada kedua aspek ini diharapkan dapat secara simultan memberikan jaminan dan keyakinan kepada para pelanggan (customers), dan para pihak yang berkepentingan (stakeholders) bahwa STIKES An Nur Purwodadi akan secara sistematis, konsisten dan bekesinambungan memberikan yang terbaik sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam pelaksanaan Tri Dharma Pendidikan Tinggi serta pengelolaan pendidikan tinggi yang diselenggarakannya.

 

 KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP SISTEM PELAYANAN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN

Semester ganjil Tahun Ajaran 2015/2016

PENGUKURAN STATISTIK DAN SEBARAN DATA TINGKAT KEPUASAN

Dari hasil pengolahan data diperoleh hasil rata-rata kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan di Pelayanan akademik dan kemahasiswaan dapat disajikan sebagai berikut :

Grafik 1: Nilai rata-rata kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik dan kemahasiswaan STIKES An Nur Purwodadi

Penilaian untuk kepuasan terhadap sampel responden yang ada memberikan hasil skor 120 dengan kategori klasifikasi puas artinya mahasiswa setuju terhadap pernyataan kuesioner yang telah diberikan. Dari hasil yang telah didapatkan terlihat beberapa aspek ditiap instrument memang berbeda nilai rata-ratanya. Hal ini dikarenakan faktor kondisi tiap unit kerja mempunyai karakteristik yang berbeda, akan tetapi hal tersebut perlu untuk menjadi evaluasi lebih lanjut bagi pimpinan di setiap unit kerja tersebut.

 Pengukuran kinerja dosen bidang Tri Dharma PT

Semester ganjil tahun ajaran 2015/2016

 Dari hasil pengolahan data diperoleh hasil rata – rata kinerja dosen dalam Tri Dharma perguruan tinggi semester ganjil tahun 2016 yang disajikan dalam diagram berikut ini :

Diagram 2.1 : kinerja dosen di bidang pembelajaran

Diagram 2.2 : kinerja dosen di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat

Instrumen yang digunakan adalah kuisioner yang ditujukan kepada mahasiswa serta pengelola program studi dengan jumlah pertanyaan berbeda tetapi menggunakan skala yang sama yaitu 1-5. Dimana skala 1 dikatakan kurang sekali sampai skala 5 yaitu baik sekali. Pengisi kuisioner diharapkan melakukan penilaian yang ibyektif sehingga data yang dihasilkan menjadi valid dan tidak bersifat subyektif.

skala survey kinerja dosen di bidang tri dharma perguruan tinggi

Nilai jawaban

Klasifikasi jawaban

>1.00 – 1.99 Kurang sekali
>2.00 – 2.99 Kurang
>3.00 – 3.99 Cukup
>4.00 – 4.99 Baik
5.00 Baik sekali

Pengukuran kinerja dosen bidang Tri Dharma PT

semester genap tahun ajaran 2014/2015

Dari hasil pengolahan data diperoleh hasil rata – rata kinerja dosen dalam Tri Dharma perguruan tinggi semester genap tahun 2015 yang disajikan dalam diagram berikut ini :

Diagram 2.1 : kinerja dosen di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat