Unit




LPM


PROFILE LEMBAGA PENJAMINAN MUTU (LPM)
STIKES AN NUR PURWODADI

Penjaminan mutu pendidikan tinggi merupakan program yang penting dan wajib dilaksanakan oleh semua institusi penyelenggara pendidikan tinggi berdasarkan Undang-undang No.20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pelaksanaan dan implementasi Sistem Penjaminan Mutu (SPM) merupakan aspek yang menentukan dalam peningkatan daya saing perguruan tinggi.
Paradigma baru Pengelolaan Pendidikan Tinggi, yang dikenal dengan nama Tetrahedron Pendidikan Tinggi, menempatkan akuntabilitas, evaluasi, akreditasi, dan otonomi pada tiap sudut tetrahedron sebagai prinsip dasar dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, sedangkan kualitas ditempatkan pada pusatnya. Ini bermakna bahwa mutu adalah pusat dari penerapan keempat prinsip pengelolaan pendidikan tinggi dalam tetrahedron tersebut (KPPT-JP/HELTS 2003-2010).

Kewenangan otonom pada Pendidikan Tinggi menuntut prasyarat penerapan Good University Governance (GUG) terlebih dahulu, terutama dalam aspek akuntabilitas dan transparansi. Perbaikan dan penjaminan mutu dapat menjadi titik awal untuk mewujudkan akuntabilitas dan transparansi dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Oleh sebab itu, untuk mewujudkan GUG di STIKES An Nur Purwodadi, penerapan SPM merupakan suatu keharusan.
SPM STIKES An Nur Purwodadi mencakup dua aspek utama yaitu Akademik dan Manajemen, Penjaminan Mutu Akademik merupakan fokus utama dalam SPM-STIKES An Nur Purwodadi. Sementara itu, SPM dalam aspek manajemen merupakan faktor pendukung penting dalam mewujudkan GUG di STIKES An Nur Purwodadi.Penerapan SPM pada kedua aspek ini diharapkan dapat secara simultan memberikan jaminan dan keyakinan kepada para pelanggan (customers), dan para pihak yang berkepentingan (stakeholders) bahwa STIKES An Nur Purwodadi akan secara sistematis, konsisten dan bekesinambungan memberikan yang terbaik sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam pelaksanaan Tri Dharma Pendidikan Tinggi serta pengelolaan pendidikan tinggi yang diselenggarakannya.

struktur

 

 KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP SISTEM PELAYANAN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN

Semester ganjil Tahun Ajaran 2015/2016

 

PENGUKURAN STATISTIK DAN SEBARAN DATA TINGKAT KEPUASAN

Dari hasil pengolahan data diperoleh hasil rata-rata kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan di Pelayanan akademik dan kemahasiswaan dapat disajikan sebagai berikut :

Grafik 1: Nilai rata-rata kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik dan kemahasiswaan STIKES An Nur Purwodadi

mhs

Penilaian untuk kepuasan terhadap sampel responden yang ada memberikan hasil skor 120 dengan kategori klasifikasi puas artinya mahasiswa setuju terhadap pernyataan kuesioner yang telah diberikan. Dari hasil yang telah didapatkan terlihat beberapa aspek ditiap instrument memang berbeda nilai rata-ratanya. Hal ini dikarenakan faktor kondisi tiap unit kerja mempunyai karakteristik yang berbeda, akan tetapi hal tersebut perlu untuk menjadi evaluasi lebih lanjut bagi pimpinan di setiap unit kerja tersebut.

 Pengukuran kinerja dosen bidang Tri Dharma PT

Semester ganjil tahun ajaran 2015/2016

 Dari hasil pengolahan data diperoleh hasil rata – rata kinerja dosen dalam Tri Dharma perguruan tinggi semester ganjil tahun 2016 yang disajikan dalam diagram berikut ini :

Diagram 2.1 : kinerja dosen di bidang pembelajaran

pemb 15-16

Diagram 2.2 : kinerja dosen di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat

pt 15-16

Instrumen yang digunakan adalah kuisioner yang ditujukan kepada mahasiswa serta pengelola program studi dengan jumlah pertanyaan berbeda tetapi menggunakan skala yang sama yaitu 1-5. Dimana skala 1 dikatakan kurang sekali sampai skala 5 yaitu baik sekali. Pengisi kuisioner diharapkan melakukan penilaian yang ibyektif sehingga data yang dihasilkan menjadi valid dan tidak bersifat subyektif.

skala survey kinerja dosen di bidang tri dharma perguruan tinggi

Nilai jawaban

Klasifikasi jawaban

>1.00 – 1.99 Kurang sekali
>2.00 – 2.99 Kurang
>3.00 – 3.99 Cukup
>4.00 – 4.99 Baik
5.00 Baik sekali

Pengukuran kinerja dosen bidang Tri Dharma PT

semester genap tahun ajaran 2014/2015

Dari hasil pengolahan data diperoleh hasil rata – rata kinerja dosen dalam Tri Dharma perguruan tinggi semester genap tahun 2015 yang disajikan dalam diagram berikut ini :

 

Diagram 2.1 : kinerja dosen di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

pt 14-15

 

Diagram 2.1 : kinerja dosen di bidang pembelajaran

pemb 14-15

Instrumen yang digunakan adalah kuisioner yang ditujukan kepada mahasiswa serta pengelola program studi dengan jumlah pertanyaan berbeda tetapi menggunakan skala yang sama yaitu 1-5. Dimana skala 1 dikatakan kurang sekali sampai skala 5 yaitu baik sekali. Pengisi kuisioner diharapkan melakukan penilaian yang ibyektif sehingga data yang dihasilkan menjadi valid dan tidak bersifat subyektif.

skala survey kinerja dosen di bidang tri dharma perguruan tinggi

Nilai jawaban

Klasifikasi jawaban

>1.00 – 1.99 Kurang sekali
>2.00 – 2.99 Kurang
>3.00 – 3.99 Cukup
>4.00 – 4.99 Baik
5.00 Baik sekali

LAPORAN ANALISIS KEPUASAN DOSEN TERHADAP UNIT
Pengukuran tingkat kepuasan dosen terhadap unit
dari hasil pengolahan data diperoleh nilai rata rata kepuasan dosen terhadap setiap unit di institusi STIKES An Nur Purwodadi yang dijabarkan dalam diagaram dibawah ini :
Tabel 2.1 : Rata – rata kepuasan dosen terhadap setiap unit

001

  1. 1.      Analisa tingkat kepuasan

Hasil analisis pada tabel di bawah ini menggambarkan tingkat kepuasan rata – rata dosen terhadap unit yang dinilai dari berbagai aspek yaitu aspek kepuasan pada pekerjaan, pimpinan, sistem informasi, kondisi kerja dan kompensasi.

Tabel 2.3 nilai rata rata kepuasan dosen terhadap setiap unit

No Prodi / unit kerja Nilai rata – rata

 

(1)

Nilai max

 

(2)

Kategori Capaian

 

(1/2 x 100%)

1 D-III Keperawatan 4.36 5 Puas 87.2 %
2 D-III Kebidanan 4.25 5 Puas 85 %
3 S1 keperawatan 4.58 5 Puas 91.6 %
4 Profesi Ners 4.48 5 Puas 89.6 %
5 LP2M 3.12 5 Netral 62.4%

 

Berdasarkan data di atas kategori nilai rata – rata yang dihasilkan berkisar antara 4.25 – 4.58 yang berada dalam level Sangat Puas, sedangkan nilai rata-rata evaluasi dosen terhadap LP2M adalah 3.12 yang berada pada level Netral

 

Kesimpulan

Tingkat kepuasan terhadap unit kerja yang meliputi aspek kepuasan pada pekerjaan, pimpinan, kompensasi, kondisi kerja serta sistem informasi pada tahun 2016 menunjukkan nilai rata – rata antara 4.25 – 4.58 yang berada dalam level SANGAT PUAS, sedangkan nilai rata-rata evaluasi dosen terhadap LP2M adalah 3.12 yang berada pada level NETRAL.

Dari grafik yang ada menunjukkan nilai yang berbeda di setiap unit kerja sehingga hal ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi lebih lanjut untuk hasil yang lebih baik kedepannya.

LAPORAN ANALISIS KEPUASAN TENAGA KEPENDIDIKAN  TERHADAP UNIT KERJA

Pengukuran tingkat kepuasan tenaga kependidikan terhadap unit kerja

dari hasil pengolahan data diperoleh nilai rata rata kepuasan tenaga kependidikan terhadap setiap unit kerja di institusi STIKES An Nur Purwodadi yang dijabarkan dalam diagaram dibawah ini :

Tabel 2.1 : Rata – rata kepuasan tenaga kependidikan terhadap setiap unit kerja

002

 

  1. 1.      Analisa tingkat kepuasan

Hasil analisis pada tabel di bawah ini menggambarkan tingkat kepuasan rata – rata tenaga kependidikan terhadap unit kerja yang dinilai dari berbagai aspek yaitu aspek kepuasan pada pekerjaan, pimpinan, sistem informasi, kondisi kerja dan kompensasi.

Tabel 2.3 nilai rata rata kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap pengelolaan SDM

No

Prodi / unit kerja

Nilai rata – rata

(1)

Nilai max

(2)

Kategori

Capaian

(1/2 x 100%)

1

BAAK

4.38

5

Puas

87.6 %

2

BAUK

4.43

5

Puas

88.6%

3

LABORATORIUM

4.75

5

Puas

95 %

4

PERPUSTAKAAN

4.75

5

Puas

96 %

Berdasarkan data di atas kategori nilai rata – rata yang dihasilkan berkisar antara 4.38 – 4.75 yang berada dalam level Sangat Puas.

 Kesimpulan

Tingkat kepuasan terhadap unit kerja yang meliputi aspek kepuasan pada pekerjaan, pimpinan, kompensasi, kondisi kerja serta sistem informasi pada tahun 2016 menunjukkan nilai rata – rata antara 4.38 – 4.75 yang berada dalam level SANGAT PUAS.

Dari grafik yang ada menunjukkan nilai yang berbeda di setiap unit kerja sehingga hal ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi lebih lanjut untuk hasil yang lebih baik kedepannya.

 

ACARA BEDAH KURIKULUM KEBIDANAN DAN KEPERAWATAN

AAHHHHH


HASIL ANALISIS KEPUASAN DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TERHADAP SARPRAS


SAPRAS

ANALISIS KEPUASAN MITRAKERJASAMA

MITRA KERJA MITRA KRJA 2


DOKUMENTASI ACARA TINDAKLANJUT SURVEY KEPUASAN BERUPA RAPAT DENGAN YAYASAN

HHH HHHHH

Kepuasan Pengelolaan SDM dapat dilihat di sini

Kuisioner LPPM dapat di download di sini :

KUESIONER EVALUASI VISI & MISI

KUESIONER KEPUASAN DOSEN KE PRODI (UNIT)

KUESIONER KEPUASAN DOSEN TERHADAP KINERJA PROGRAM STUDI (UNIT)

KUESIONER KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA DOSEN

KUESIONER KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN

KUESIONER KEPUASAN MHSTRHADAP KINERJA DOSEN

KUESIONER KEPUASAN SAPRAS

KUESIONER KEPUASAN SDM DOSEN

KUESIONER KEPUASAN TENAGA KEPENDIDIKAN KE UNIT

KUESIONER KEPUASAN TENAGA KEPENDIDIKAN

KUESIONER PENILAIAN KEPALA UNIT TERHADAP KINERJA DOSEN

KUESIONER PENILAIAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN

Mohon Verifikasi di kirim Via Email : stikesannur_purwodadi@yahoo.co.id